head

Selasa, 28 Januari 2014

makalah panduan praktikum ALAT PERAGA PESAWAT ATWOOD


BAB I
PENDAHULUAN

I.     1     Latar Belakang
Pesawat Atwood merupakan alat eksperimen yang sering digunakan untuk mengamati hukum mekanika pada gerak yang dipercepat secara beraturan.Sederhananya pesawat atwood tersusun atas 2 benda yang terhubung dengan seutas kawat/tali.Bila kedua benda massanya sama, keduanya akan diam. Tapi bila salah satu lebih besar (misal m1>m2). Maka kedua benda akan bergerak ke arah m1 dengan dipercepat. Gaya penariknya sesungguhnya adalah berat benda 1. Namun karena banda 2 juga ditarik ke bawah (oleh gravitasi), maka gaya penarik resultannya adalah berat benda 1 dikurangi berat benda 2.
Berat benda 1 adalah m1.g dan berat benda 2 adah m2.g. Gaya resultannya adalah (m2-m1) g. Gaya ini menggerakan kedua benda. Sehingga, percepatan kedua benda adalah resultan gaya tersebut dibagi jumlah massa kedua benda.
Untuk mencaru tegangan tali, gaya yang bekerja padanya adalah m1.g dan  tegangan tali T.
M1 . g-T = m1 . a



I.     2     Pembatasan Masalah
Percobaan ini dibatasi dengan bagaimana praktikan melakukan percobaan dengan menghitung percepatan gravitasi dan mengenali sistem katrol.


I.     3     Tujuan Percobaan
          Tujuan percobaan ini adalah mengenali Hukum Newton, menghitung percepatan gravitasi, dan mengenali sistem katrol.




I. 4       Metodologi
          Adapun metodologi yang penulis gunakan dalam laporan praktikum ini adalah berbentuk eksperimen di laboratorium dan perhitungan secara kuantitatif.


I. 5       Sistematika Penulisan
          KATA PENGANTAR
          DAFTAR ISI
          ABSTRAK
          BAB I  PENDAHULUAN
I.     1   Latar belakang
I.     2   Pembatasan masalah
I.     3   Tujuan percobaan
I.     4   Metodologi
I.     5   Sistematika penulisan

BAB II  KERANGKA TEORI
                                    II.     1   Konsep tertulis
                                    II.     2   Hipotesis

BAB III  PELAKSANAAN DAN PENGOLAHAN DATA
                                 III.     1   Persiapan
                                                         III.     1. 1  Alat dan Bahan
                                 III.     2   Pelaksanaan
                                                         III.      2. 1 Cara kerja
                                 III.     3   Pengolahan data
                                                         III.     3. 1 Data Ruangan
                                                         III.     3. 2 Lembar Data

BAB IV  PEMBAHASAN DAN HASIL
BAB V   KESIMPULAN DAN SARAN
LAMPIRAN LAPORAN PENDAHULUAN
LAMPIRAN LEMBAR DATA
DAFTAR PUSTAKA
BAB II
KERANGKA TEORI

II.     1     Konsep Tertulis
       Hukum Newton I :
“Jika suatu sistem sudah mendapat gaya luar, sistem akan tetap dalam keadaan semula, diam atau bergerak lurus beraturan dengan kecepatan tetap. (V=0).”
 F = m.a
Hukum Newton II :
“Percepatan dari sistem sebanding dengan gaya yang bekerja pada sistem itu.”
Namun berbanding terbalik dengan massanya. Berikut adalah kesimpulan dari Hukum Newton:
o  Arah percepatan benda sama dengan arah gaya yang bekerja pada benda tersebut.
o  Besarnya percepatan sebanding dengan gaya yang bekerja, jadi bila gaya itu konstan maka percepatan yang timbul juga konstan.
o  Untuk  yang tetap, maka berlaku persamaan gerak seperti berikut :
 Vt = Vo + a.t
St = So + 1/2at2
         

II.     2     Hipotesis
1.    Semakin berat massa M2, maka benda akan bergerak lebih cepat.
2.    Semakin jauh jaraknya, maka waktu yang diperlukanpun akan lebih banyak





BAB III
PELAKSANAAN DAN PENGOLAHAN DATA

III.     1     Persiapan
                   III.1. 1    Alat dan Bahan
Adapun peralatan dan perlengkapan yang digunakan dalam percobaan ini adalah sebagai berikut:

Massa benda (m1, m2)                                               
Tiang T                       
               Massa beban (M1, M2)
Stopwatch

Tali







III.     2     Pelaksanaan
                   III.     2. 1 Cara kerja
Mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan dalam praktikum, kemudian mencatat suhu ruangan sebelum melakukan percobaan..
1.              Menimbang M1, M2, m1, m2 dan keping logam tipis.
2.              Memasang tali pada katrol dan mengamati, apakah hukum Newton I berlaku (dengan M1 dan M2).
3.              Memasang G, A, dan B. kemudian amati cara kerja Pesawat Atwood.
o      Memasang M1 pada pemegang G dan klem P.
o      Menambahkan beban m dan M2.
o      Kemudian pijit P hingga M2 akan terlepas dari pemegang G dan naik. Sedangkan M2 + m akan turun (gaya dipercepat).
o      Sehingga, m tersangkut pada A sedangkan M2 terus turun hingga berhenti di B dengan kecepatan yang tetap.
4.              Memasang M2 pada G lagi, namun beban ditambah dengan m1. Sehingga menjadi M2 + m1. Mencatat kedudukan A.B < C. Pada saat skala tiang T.
5.               Mengamati (t1) waktu yang diperlukan oleh M2 + M1 dari titik C ke A (F dipercepat).
6.              Mengamati (t2) waktu yang diperlukan M2 dari A ke B (V=tetap).
7.              Jika stopwatch memadai, percobaan 5 dan 6 bisa dilakukan bersamaan.
8.              Mengulangi percobaan 5 dan 6 beberapa kali (tulis pengamatan di dalam tabel, dimana A, B, dan C (tetap).
9.              Mengamati m1 dengan m2 dengan cara seperti pada langkah ke-4, 5, 6, 7. Dan kemudian membuat tabel dengan (t3) untuk C1, A1 dan m2 dan (t4) untuk A1, B1, dan m2.
10.          Mengulangi percobaan 4, 5, 6 dan 6, 8, 9 dengan menggunakan jarak XAB (dengan cara mengubah letak B beberapa kali), dan XCA tetap.
Membuat tabel dengan (t5) untuk C1, A1, dan m1. (t6) untuk C1, A1, dan m2. (t7) untuk C1, A1, dan m2 dan (t8) untuk A1, B1, dan m2.
11.          Mengulang percobaan pesawat 4, 5, 6, 7, 8, dan 9 dengan mengubah jarak XCA beberapa kali.
12.          Mencatat suhu ruangan setelah percobaan.


III.     3     Pengolahan Data
                   III. 3. 1   Data Ruangan
          .
·           Suhu sebelum percobaan  :
·           Suhu sesudah percobaan   :

                   III. 3. 2   Lembar Data
Beban
Jarak
T1
T2
T3
M2
XCA



XAB



M2 + m1
XCA



XAB



M2 + m2
XCA



XAB








BAB IV
PEMBAHASAN DAN HASIL

IV.     1     Perhitungan Data
A.            Ketelitian Waktu
1)   M2(GLB)
No
t
t2
1


2


3




                     

                                                
                                                  


2)   M2 (GLBB)
No
t
t2
1


2


3




                   

                                                
                                                                          
                                      

3)   M2 + m1 (GLB)
No
t
t2
1


2


3







                       


                                                
                                                  
                                                  


4)   M2+ m1(GLBB)
No
t
t2
1


2


3







                       

                                                
                                                  




                                      
    M2 + m2 (GLB)
No
t
t2
1


2


3







                    


                                                
                                                                          
                                      


5)   M2 + m1 (GLBB)
No
t
t2
1


2


3







                      


                                                
                                                              
                                      



B.            Ketelitian Vt dan Vo
1)   M2




                                             
                                             








                                             
                                 


2)   M2 + m1





                                           
                                             
                                 









                                           
                                 
                                 


3)   M2 + m2

 


                                           
                                 
                                             








C.            Ketelitian Percepatan
1)   M2





                                          



2)   M2 + m1



                                          


3)   M2 + m2








                                          

IV.     2     Pertanyaan
1.    Apakah pada percobaan pesawat atwood benar-benar hukum newton I berlaku? Kalau tidak, apa sebabnya? Jelaskan!
Jawab:

2.    Hitung a dengan rumus 4 untuk masing-masing harga m.
Jawab :
             

3.    Dari perhitungan harga a, hitunglah harga g, masing-masing untuk m1 dan m2 kemudian bandingkan dengan harga g yang diberikan pada 3.
Jawab :
             
4.    Berilah pembahasan tentang harga a dibandingkan dengan harga m.
Jawab:  

5.    Apa pengaruhnya bila tiang T tidak benar-benar vertikal. Berikan penjelasan  singkat.
Jawab:  









BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN


V.     1     Kesimpulan
Pada percobaan Atwood yang telah dilakukan, dan data-data yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa  memang terjadi Hukum I Newton dan Hukum II Newton. Kemudian dipengaruhi juga oleh percepatan gravitasi, dimana percepatan suatu benda tersebut dipengaruhi oleh beban.
Apabila ada kesalahan dalam menghitung, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti faktor keadaan saat melakukan praktikum, faktor ketelitian, faktor waktu, faktor alat, dan mngkin faktor yang lainnya.


V.     2     Saran
Alat peraga atau yang berhubungan dengan praktikum agar lebih disempuranakan, dilengkapi, dan di perbanyak lagi, sehingga dalam praktikum seorang praktikan mendapatkan hasil yang sebaik mungkin.
 DAFTAR PUSTAKA
Giancoli, Douglas C., 2001, Fisika Jilid I (terjemahan), Jakarta : Penerbit Erlangga

Tidak ada komentar:

Bahasa lampung

 Nama : .............................................................  Kelas  : ,...................  BAHASA LAMPUNG Dialek O Terjemahkanlah...