head

Jumat, 12 Desember 2014

Pengertian angket dan contoh angket

NAMA: Budi iswanto
Npm : 12330014
Menurut saya angket adalah suatu alat pengumpul data yang berupa serangkaian pertanyaan tertulis yang diajukan kepada subyek untuk mendapatkan jawaban secara tertulis juga. Angket berfungsi sebagai alat untuk mengumpulkan data dalam jumlah responden yang banyak sehingga waktu yang di gunakan untuk memperoleh data tidak terlalu banyak.
Pengambilan data dapat dilakukan secara :
a. Pertanyaan langsung vs Pertanyaan tidak langsung
Perbedaan mendasar antara Pertanyaan Langsung dan Pertanyaan Tidak Langsung ialah terletak pada tingkat kejelasan suatu pertanyaan dalam mengungkap informasi khusus dari responden. Pertanyaan Langsung menanyakan informasi khusus secara langsung dengan tanpa basa-basi (direct), dimana jawaban diperoleh dari sumber pertama tanpa menggunakan perantara. Pertanyaan Tidak Langsung menanyakan informasi khusus secara tidak langsung (indirect), dimana Jawaban angket itu diperoleh dengan melalui perantara, sehingga jawabannya tidak dari sumber pertama.
Contoh :
Pertanyaan Langsung: Apakah Saudara mengenal tersangka pembunuhan?
Pertanyaan Tidak Langsung: Bagaimana pendapat saudara terhadap pembunuhan yang dilakukan oleh budi?
b. Pertanyaan Khusus v.s Pertanyaan Umum
Pertanyaan Khusus menanyakan hal-hal yang khusus yang dibutuhkan oleh penulis. Sedang Pertanyaan Umum biasanya menanyakan informasi mengenai identitas dari koresponden. Lebih baik pertanyaan dimulai dari umum ke khusus.
Contoh pertanyaan :
Pertanyaan Khusus: Apakah saudara mengenal sistem Kanban?
Pertanyaan Umum: Berapa umur anda?
c. Pertanyaan Tentang Fakta v.s Pertanyaan Tentang Opini
Pertanyaan tentang fakta yang menghendaki jawaban dari responden berupa fakta; sedang Pertanyaan tentang opini menghendaki jawaban yang bersifat opini. Pada praktiknya dikarenakan responden mungkin mempunyai memori yang tidak kuat ataupun dengan sadar yang bersangkutan ingin menciptakan kesan yang khusus; maka Pertanyaan tentang fakta belum tentu sepenuhnya menghasilkan jawaban yang bersifat faktual.
Demikian halnya dengan pertanyaan yang menanyakan opini belum tentu sepenuhnya menghasilkan jawaban yang mengekspresikan opini yang jujur. Hal ini terjadi karena responden mendistorsi opininya didasarkan pada adanya “tekanan sosial” untuk menyesuaikan diri dengan keinginan social dan lingkungannya.
Contoh:
Pertanyaan Tentang Fakta: Majalah apa yang anda sukai?
Pertanyaan Tentang Opini: Mengapa saudara menyukai majalah Aneka?
d. Pertanyaan dalam bentuk kalimat tanya v.s. Pertanyaan dalam bentuk kalimat pernyataan
Pertanyaan dalam bentuk kalimat tanya memberikan pertanyaan langsung kepada responden dimana jawaban yang diperoleh dapat beraneka ragam; sedang pertanyaan dalam bentuk kalimat pernyataan menyediakan jawaban persetujuannya.
Contoh:
Pertanyaan dalam bentuk kalimat tanya: Apakah saudara setuju dengan pemilihan rector secara langsung?
Pertanyaan dalam bentuk kalimat pernyataan: Pemilihan rector secara langsung akan dilaksanakan.
Jawabannya: a. setuju b. tidak setuju. 
CONTOH ANGKET
ANGKET A
Keterbacaan bahan ajar Fisika
dengan inquiry

Nama              :
Kelas               :
Kelompok      :

Pilihlah salah satu jawaban yang menurut anda benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, dan c sesuai dengan pendapat anda mengenai bahan ajar!



1.    Apakah menurut anda ukuran huruf yang digunakan dalam  sudahan ajar jelas?
a.    Sangat jelas        c. Kurang jelas
b.    Cukup jelas        d. Tidak jelas

2.    Apakah menurut anda bahan ajar dengan pendekatan inquiry berbeda dengan bahan ajar yang sudah ada?
a.    Sangat berbeda              c. Kurang berbeda
b.    Cukup berbeda              d. Tidak berbeda

3.    Apakah menurut anda isi atau pesan sudah tersampaikan dari setiap kalimat dalam bahan ajar?
a.    Sudah tersampaikan      c. Kurang tersampaikan
b.    Cukup tersampaikan      d. Tidak tersampaikan

4.    Apakah bentuk dan cara penyajian bahan ajar menurut anda menarik?
a.    Sangat menarik              c. Kurang menarik
b.    Cukup menarik              d. Tidak menarik

5.    Apakah gambar yang terdapat dalam bahan ajar sudah jelas?
a.    Sangat jelas        c. Kurang jelas
b.    Cukup jelas        d. Tidak jelas

6.    Apakah menurut anda bahasa yang digunakan pada bahan ajar sudah kamunikatif sehingga membantu anda memahami isinya?
a.    Sudah komunikatif        c. Kurang komunikatif
b.    Cukup komunikatif       d. Tidak komunikatif

7.    Apakah menurut anda bahan ajar membantu anda menambah wawasan tentang pelajaran fisika?
a.    Sangat membantu                      c. Kurang membantu
b.    Cukup membantu                      d. Tidak membantu



8.    Apakah petunjuk praktikum yang ada dalam bahan menurut anda sudah jelas?
a.    Sudah jelas        c. Kurang jelas
b.    Cukup jelas        d. Tidak jelas

9.    Apakah pertanyaan dalam bahan ajar mudah dimengerti?
a.    Sangat dimengerti                     c. Kurang dimengerti
b.    Cukup dimengerti                      d. Tidak dimengerti

10.    Apakah menurut anda bahan ajar dengan pendekatan inquiry membantu anda dalam kegiatan praktikum?
a.    Sangat membantu          c. Kurang membantu
b.    Cukup membantu          d. Tidak membantu







































ANGKET B
Keterlaksanaan bahan ajar Fisika
dengan inquiry


Nama              :
Kelas               :
Kelompok      :

Pilihlah salah satu jawaban yang menurut anda benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, dan c sesuai dengan pendapat anda mengenai bahan ajar!



1.    Apakah semua anggota kelompok mempersiapan alat dan bahan pada saat praktikum?
a.    Dilakukan oleh semua orang dalam kelompok
b.   Dilakukan dengan memberi tugas beberapa (dua atau tiga) orang
c.    Hanya dilakukan oleh ketua kelompok
d.   Tidak mempersiapkan alat dan bahan

2.    Kemampuan melakukan praktikum sesuai dengan langkah kerja
a.    Sangat sesuai dengan langkah kerja yang ada dalam LKS
b.    Cukup sesuai dengan langkah kerja yang ada dalam LKS
c.    Kurang sesuai dengan langkah kerja yang ada dalam LKS
d.    Tidak sesuai dengan langkah kerja yang ada dalam LKS

3.    Bagaimana pelaksanaan praktikum menggunakan LKS dengan pendekatan CTL
a.    Sangat berjalan lancar
b.    Cukup berjalan lancar
c.    Kurang berjalan lancar
d.    Tidak berjalan lancar

4.    Pembagian tugas dalam kelompok
a.    Semua anggota kelompok mendapat tugas
b.    Hanya sebagian anggota kelompok mendapat tugas
c.    Hanya 1 orang yang bertugas
d.    Tidak ada pembagian tugas

5.    Pengisian tabel hasil pengamatan
a.    Sangat sesuai dengan format dalam LKS
b.    Cukup sesuai dengan format dalam LKS
c.    Kurang sesuai dengan format dalam LKS
d.    Tidak sesuai dengan format dalam LKS

6.    Penyelesaian pertanyaan dalam LKS
a.    Sangat sulit menyelesaikan pertanyaan dalam LKS
b.    Cukup sulit menyelesaikan pertanyaan dalam LKS
c.    Mudah menyelesaikan pertanyaan dalam LKS
d.    Sangat mudah menyelesaikan pertanyaan dalam LKS

7.    Kemampuan mengkomunikasikan hasil temuan
a.    Sangat sesuai mengkomunikasikan hasil temuan
b.    Cukup sesuai mengkomunikasikan hasil temuan
c.    Kurang sesuai mengkomunikasikan hasil temuan
d.    Tidak sesuai dengan hasil temuan

8.    Mendiskusikan hasil praktikum dan permasalahan yang ada dalam LKS
a.    Mendiskusikan semua hasil praktikum dan permasalahan yang ada dalam LKS
b.    Mediskusikan sebagian hasil praktikum dan permasalahan yang ada dalam LKS
c.    Mendiskusikan hal di luar hasil praktikum
d.    Tidak berdiskusi

9.    Kemampuan untuk menyimpulkan hasil penemuan kelompok
a.    Sangat sesuai dengan hasil praktikum dan tujuan praktikum
b.    Cukup sesuai dengan hasil praktikum dan tujuan praktikum
c.    Kurang sesuai dengan hasil praktikum dan tujuan praktikum
d.    Tida menyimpulkan hasil praktikum

10.    Pendapat mengenai praktikum menggunakan LKS dengan pendekatan CTL
a.    Memberi pengetahuan (kognitif), ketrampilan (psikomotorik), dan sikap (afektif)
b.    Memberi pengetahuan (kognitif), ketrampilan (psikomotorik)
c.    Hanya memberi pengetahuan (kognitif) saja
d.    Tidak memberi pengetahuan sama sekali.











Tidak ada komentar:

Bahasa lampung

 Nama : .............................................................  Kelas  : ,...................  BAHASA LAMPUNG Dialek O Terjemahkanlah...