NAMA: Budi iswanto
Npm : 12330014
Menurut saya angket
adalah suatu alat pengumpul data yang berupa serangkaian pertanyaan tertulis
yang diajukan kepada subyek untuk mendapatkan jawaban secara tertulis juga.
Angket berfungsi sebagai alat untuk mengumpulkan data dalam jumlah responden
yang banyak sehingga waktu yang di gunakan untuk memperoleh data tidak terlalu
banyak.
Pengambilan data dapat dilakukan secara :
a. Pertanyaan langsung vs Pertanyaan tidak langsung
Perbedaan mendasar antara Pertanyaan Langsung dan
Pertanyaan Tidak Langsung ialah terletak pada tingkat kejelasan suatu
pertanyaan dalam mengungkap informasi khusus dari responden. Pertanyaan
Langsung menanyakan informasi khusus secara langsung dengan tanpa basa-basi
(direct), dimana jawaban diperoleh dari sumber pertama tanpa menggunakan
perantara. Pertanyaan Tidak Langsung menanyakan informasi khusus secara tidak
langsung (indirect), dimana Jawaban angket itu diperoleh dengan melalui
perantara, sehingga jawabannya tidak dari sumber pertama.
Pertanyaan Langsung: Apakah Saudara mengenal
tersangka pembunuhan?
Pertanyaan Tidak Langsung: Bagaimana pendapat
saudara terhadap pembunuhan yang dilakukan oleh budi?
b. Pertanyaan Khusus v.s Pertanyaan Umum
Pertanyaan Khusus menanyakan hal-hal yang khusus
yang dibutuhkan oleh penulis. Sedang Pertanyaan Umum biasanya menanyakan
informasi mengenai identitas dari koresponden. Lebih baik pertanyaan dimulai
dari umum ke khusus.
Contoh pertanyaan :
Pertanyaan Khusus: Apakah saudara mengenal sistem
Kanban?
Pertanyaan Umum: Berapa umur anda?
c. Pertanyaan Tentang Fakta v.s Pertanyaan Tentang
Opini
Pertanyaan tentang fakta yang menghendaki jawaban
dari responden berupa fakta; sedang Pertanyaan tentang opini menghendaki
jawaban yang bersifat opini. Pada praktiknya dikarenakan responden mungkin
mempunyai memori yang tidak kuat ataupun dengan sadar yang bersangkutan ingin
menciptakan kesan yang khusus; maka Pertanyaan tentang fakta belum tentu
sepenuhnya menghasilkan jawaban yang bersifat faktual.
Demikian halnya dengan pertanyaan yang menanyakan
opini belum tentu sepenuhnya menghasilkan jawaban yang mengekspresikan opini
yang jujur. Hal ini terjadi karena responden mendistorsi opininya didasarkan
pada adanya “tekanan sosial” untuk menyesuaikan diri dengan keinginan social
dan lingkungannya.
Contoh:
Pertanyaan Tentang Fakta: Majalah apa yang anda
sukai?
Pertanyaan Tentang Opini: Mengapa saudara menyukai
majalah Aneka?
d. Pertanyaan dalam bentuk kalimat tanya v.s.
Pertanyaan dalam bentuk kalimat pernyataan
Pertanyaan dalam bentuk kalimat tanya memberikan
pertanyaan langsung kepada responden dimana jawaban yang diperoleh dapat
beraneka ragam; sedang pertanyaan dalam bentuk kalimat pernyataan menyediakan
jawaban persetujuannya.
Contoh:
Pertanyaan dalam bentuk kalimat tanya: Apakah
saudara setuju dengan pemilihan rector secara langsung?
Pertanyaan dalam bentuk kalimat pernyataan:
Pemilihan rector secara langsung akan dilaksanakan.
Jawabannya: a. setuju b. tidak setuju.
CONTOH
ANGKET
ANGKET A
Keterbacaan bahan ajar Fisika
dengan inquiry
Nama :
Kelas :
Kelompok :
Pilihlah salah satu jawaban yang menurut
anda benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, dan c sesuai dengan
pendapat anda mengenai bahan ajar!
1.
Apakah
menurut anda ukuran huruf yang digunakan dalam
sudahan ajar jelas?
a.
Sangat
jelas c. Kurang jelas
b.
Cukup
jelas d. Tidak jelas
2.
Apakah
menurut anda bahan ajar dengan pendekatan inquiry berbeda dengan bahan ajar
yang sudah ada?
a.
Sangat
berbeda c. Kurang berbeda
b.
Cukup
berbeda d. Tidak berbeda
3.
Apakah
menurut anda isi atau pesan sudah tersampaikan dari setiap kalimat dalam bahan
ajar?
a.
Sudah
tersampaikan c. Kurang tersampaikan
b.
Cukup
tersampaikan d. Tidak tersampaikan
4.
Apakah
bentuk dan cara penyajian bahan ajar menurut anda menarik?
a.
Sangat
menarik c. Kurang menarik
b.
Cukup
menarik d. Tidak menarik
5.
Apakah
gambar yang terdapat dalam bahan ajar sudah jelas?
a.
Sangat
jelas c. Kurang jelas
b.
Cukup
jelas d. Tidak jelas
6.
Apakah
menurut anda bahasa yang digunakan pada bahan ajar sudah kamunikatif sehingga
membantu anda memahami isinya?
a.
Sudah
komunikatif c. Kurang komunikatif
b.
Cukup
komunikatif d. Tidak komunikatif
7.
Apakah
menurut anda bahan ajar membantu anda menambah wawasan tentang pelajaran
fisika?
a.
Sangat
membantu c. Kurang
membantu
b.
Cukup
membantu d. Tidak
membantu
8.
Apakah
petunjuk praktikum yang ada dalam bahan menurut anda sudah jelas?
a.
Sudah
jelas c. Kurang jelas
b.
Cukup
jelas d. Tidak jelas
9.
Apakah
pertanyaan dalam bahan ajar mudah dimengerti?
a.
Sangat
dimengerti c. Kurang
dimengerti
b.
Cukup
dimengerti d. Tidak
dimengerti
10.
Apakah
menurut anda bahan ajar dengan pendekatan inquiry membantu anda dalam kegiatan
praktikum?
a.
Sangat
membantu c. Kurang membantu
b.
Cukup
membantu d. Tidak membantu
ANGKET B
Keterlaksanaan bahan ajar Fisika
dengan inquiry
Nama :
Kelas :
Kelompok :
Pilihlah salah satu jawaban yang menurut
anda benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, dan c sesuai dengan
pendapat anda mengenai bahan ajar!
1.
Apakah
semua anggota kelompok mempersiapan alat dan bahan pada saat praktikum?
a.
Dilakukan
oleh semua orang dalam kelompok
b.
Dilakukan
dengan memberi tugas beberapa (dua atau tiga) orang
c.
Hanya
dilakukan oleh ketua kelompok
d.
Tidak
mempersiapkan alat dan bahan
2.
Kemampuan
melakukan praktikum sesuai dengan langkah kerja
a.
Sangat
sesuai dengan langkah kerja yang ada dalam LKS
b.
Cukup
sesuai dengan langkah kerja yang ada dalam LKS
c.
Kurang
sesuai dengan langkah kerja yang ada dalam LKS
d.
Tidak
sesuai dengan langkah kerja yang ada dalam LKS
3.
Bagaimana
pelaksanaan praktikum menggunakan LKS dengan pendekatan CTL
a.
Sangat
berjalan lancar
b.
Cukup
berjalan lancar
c.
Kurang
berjalan lancar
d.
Tidak
berjalan lancar
4.
Pembagian
tugas dalam kelompok
a.
Semua
anggota kelompok mendapat tugas
b.
Hanya
sebagian anggota kelompok mendapat tugas
c.
Hanya
1 orang yang bertugas
d.
Tidak
ada pembagian tugas
5.
Pengisian
tabel hasil pengamatan
a.
Sangat
sesuai dengan format dalam LKS
b.
Cukup
sesuai dengan format dalam LKS
c.
Kurang
sesuai dengan format dalam LKS
d.
Tidak
sesuai dengan format dalam LKS
6.
Penyelesaian
pertanyaan dalam LKS
a.
Sangat
sulit menyelesaikan pertanyaan dalam LKS
b.
Cukup
sulit menyelesaikan pertanyaan dalam LKS
c.
Mudah
menyelesaikan pertanyaan dalam LKS
d.
Sangat
mudah menyelesaikan pertanyaan dalam LKS
7.
Kemampuan
mengkomunikasikan hasil temuan
a.
Sangat
sesuai mengkomunikasikan hasil temuan
b.
Cukup
sesuai mengkomunikasikan hasil temuan
c.
Kurang
sesuai mengkomunikasikan hasil temuan
d.
Tidak
sesuai dengan hasil temuan
8.
Mendiskusikan
hasil praktikum dan permasalahan yang ada dalam LKS
a.
Mendiskusikan
semua hasil praktikum dan permasalahan yang ada dalam LKS
b.
Mediskusikan
sebagian hasil praktikum dan permasalahan yang ada dalam LKS
c.
Mendiskusikan
hal di luar hasil praktikum
d.
Tidak
berdiskusi
9.
Kemampuan
untuk menyimpulkan hasil penemuan kelompok
a.
Sangat
sesuai dengan hasil praktikum dan tujuan praktikum
b.
Cukup
sesuai dengan hasil praktikum dan tujuan praktikum
c.
Kurang
sesuai dengan hasil praktikum dan tujuan praktikum
d.
Tida
menyimpulkan hasil praktikum
10.
Pendapat
mengenai praktikum menggunakan LKS dengan pendekatan CTL
a.
Memberi
pengetahuan (kognitif), ketrampilan (psikomotorik), dan sikap (afektif)
b.
Memberi
pengetahuan (kognitif), ketrampilan (psikomotorik)
c.
Hanya
memberi pengetahuan (kognitif) saja
d.
Tidak
memberi pengetahuan sama sekali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar