Daftar
Nilai Try Out Siswa Kelas X11 IPA 3 MA Ma’arif 5 sekampung
Nama Sekolah :MA Ma’arif 5 sekampung
Kelas : X11 IPA 3
no
|
Nama
|
Nilai
|
KKM (70)
|
|
lulus
|
Tidak
lulus
|
|||
1
|
Reza
istianatus sholeha
|
80
|
ü
|
|
2
|
Wahyu cahya safitri
|
70
|
ü
|
|
3
|
Annisa hasna
rifqi
|
50
|
|
ü
|
4
|
Frida umami
|
80
|
ü
|
|
5
|
Nur yulianti
|
90
|
ü
|
|
6
|
Nia jayanti
|
80
|
ü
|
|
7
|
Surya
wulandari
|
80
|
ü
|
|
8
|
Devi anggraini
|
80
|
ü
|
|
9
|
Eka setiawati
|
80
|
ü
|
|
10
|
Ulil islami
wulandari
|
80
|
ü
|
|
11
|
Suciani
hidayah
|
80
|
ü
|
|
12
|
Niken elya . s
|
60
|
|
ü
|
13
|
Sri wahyuni
|
90
|
ü
|
|
14
|
Riska
rahmawati
|
70
|
ü
|
|
15
|
Devi puspita
dewi
|
70
|
ü
|
|
Dengan KKM 70 maka
dapat diketahui siswa yang lulus dan tidak lulus KKM
ü Siswa
yang lulus KKM (≥70 ) :
Reza istianatus sholeha
Wahyu cahya safitri
Frida umami
Nur yulianti
Nia jayanti
Surya wulandari
Devi anggraini
Eka setiawati
Ulil islami wulandari
Suciani hidayah
Sri wahyuni
Riska rahmawati
Devi puspita dewi
ü Siswa
yang tidak lulus KKM (<70 ) :
Annisa hasna rifqi
Niken elya . s
MENENTUKAN
VALIDITAS DAN RELIABILITAS ITEM SOAL
Item soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
skor
|
Y2
|
|
Nama
|
Jumlah benar
|
Jumlah salah
|
||||||
Reza istianatus s
|
20
|
10
|
10
|
30
|
10
|
80
|
20
|
6400
|
Wahyu cahya s
|
10
|
10
|
0
|
40
|
10
|
70
|
30
|
4900
|
Annisa hasna r
|
10
|
0
|
0
|
30
|
10
|
50
|
50
|
2500
|
Frida umami
|
20
|
0
|
10
|
40
|
10
|
80
|
20
|
6400
|
Nur yulianti
|
20
|
10
|
10
|
40
|
10
|
90
|
10
|
8100
|
Nia jayanti
|
20
|
10
|
10
|
30
|
10
|
80
|
20
|
6400
|
Surya wulandari
|
20
|
10
|
10
|
30
|
10
|
80
|
20
|
6400
|
Devi anggraini
|
20
|
10
|
10
|
30
|
10
|
80
|
20
|
6400
|
Eka setiawati
|
20
|
10
|
10
|
30
|
10
|
80
|
20
|
6400
|
Ulil islami w
|
20
|
10
|
10
|
30
|
10
|
80
|
20
|
6400
|
Suciani hidayah
|
20
|
10
|
10
|
30
|
10
|
80
|
20
|
6400
|
Niken elya . s
|
10
|
0
|
10
|
30
|
10
|
60
|
40
|
3600
|
Sri wahyuni
|
20
|
10
|
10
|
40
|
10
|
90
|
10
|
8100
|
Riska rahmawati
|
20
|
10
|
10
|
20
|
10
|
70
|
30
|
4900
|
Devi puspita dewi
|
20
|
10
|
10
|
20
|
10
|
70
|
30
|
4900
|
Jumlah X
|
270
|
120
|
130
|
470
|
150
|
1070
|
360
|
83300
|
1. Pengujian
Validitas item soal
Pengujian validitas
menggunakan Rumus Korelasi product moment dengan angka kasar:
Dengan :
N adalah banyaknya sampel,
X adalah butir soal
Y adalah Skor total
Interpretasi koefisiean korelasi (rxy) untuk uji
validitas (Arikunto,2012:89):
·
Antara 0,80 sampai dengan 1,00 : Sangat Tinggi
·
Antara 0,60 sampai dengan 0,80 : Tinggi
·
Antara 0,40 sampai dengan 0,60 : Cukup
·
Antara 0,20 sampai dengan 0,40 : Rendah
·
Antara 0,00 sampai dengan 0,20 : Sangat Rendah
Item Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
ƩX
|
270
|
120
|
130
|
470
|
150
|
ƩX2
|
5100
|
1200
|
1300
|
15300
|
1500
|
ƩXY
|
21000
|
9500
|
10200
|
36100
|
11400
|
rxy
|
1.019
|
0.461
|
0.495
|
1.751
|
0.553
|
Keterangan
|
Sangat tinggi
|
cukup
|
cukup
|
Sangat
tinggi
|
cukup
|
2.
Reliabilitas Item Soal
Reabilitas item soal
dapat dihitung dengan menggunakan rumus alpha :
Interpretasi Koefisien Reliabilitas (r11)
untuk uji reliabilitas :
·
0,00 – 0,199 : Kecil
·
0,20 – 0,399 : Rendah
·
0,40 – 0,599 : Sedang
·
0,60 – 0,799 : Tinggi
·
0,80 – 1,00 : Sangat Tinggi
σ2i
|
-1896
|
-336
|
-416
|
-5776
|
-600
|
|
∑σ2i
|
-9024
|
|||||
σ2t
|
-29136
|
|||||
r11
|
0.863
|
|
||||
Keterangan
|
Soal
Reliabel
|
3.
Mengukur Derajat Kesukaran Soal
Mengukur derajat kesukaran tiap item soal
menggunakan rumus :
P =
Dengan
P = derajat kesukaran soal
B
= banyak peserta yang menjawab benar
Interprestasi Kesukaran
·
< 0,25 :
sukar
·
0,25 – 0,75 : Cukup
·
> 0,75 :
mudah
Item
Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
B
|
12
|
12
|
0
|
5
|
15
|
P
|
0,8
|
0,8
|
0
|
0,33
|
1
|
Keterangan
|
mudah
|
mudah
|
sukar
|
cukup
|
mudah
|
Dari hasil yang
diperoleh ternyata derajat kesukaran soal yang diperoleh tidak sesuai dengan
kisi-kisi soal hal ini dikarenakan siswa yang di beri uji TO telah menguasai
soal hukum pascal dengan materi-materi tersebut. Saya mengajukan soal TO kelas
X1 ini kepada kelas X11
Grafik
Contoh kasus kesulitan
belajar:
Seorang
siswi bernama ani, dia mengalami kesulitan belajar di karenakan dia terpaksa
masuk jurusan yang tidak ia minati. Dia sebenarnya masuk IPA, tetapi keinginan
dia ingin masuk IPS. Ketika ia mencoba untuk pindah jurusan ternyata sama pihak
sekolah tidak boleh. Hal ini mengakibatkan penurunan prestasi dan mengakibatkan
anak kesulitan belajar, ia menjadi sering tidur di kelas, maenan hp di kelas,
penurunan motivasi belajar, suka datang terlambat, suka membolos dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar