head

Rabu, 12 November 2014

ELEKTROLISIS (kimia dasar 2)

ELEKTROLISIS

Syukri (1999:542) menyatakan bahwa :
Elektrolisis berasal dari kata elektro (listrik) lisis (penguraian) yang berarti penguraian senyawa oleh arus listrik dan alatnya di sebut sel elektrolisis. Sebenarnya reaksi elektrolisis merupakan reaksi tidak spontan terjadi karena di beri energi listrik dari luar sebagai contoh tidak mungkin Cl- menyerahkan elektronya Na+  menjadi Na(s) dan Cl2 yang spontan adalah sebaliknya Na menyerahkan elektron pada Cl2 .akan tetapi hal ini dapat terjadi dalam sel elektrolisis dengan mencelupkan dua elektrode (karbon atau batang logam)kedalam NaCl .cair kedua elektrode di hubungkan masing masing dengan kutub sumber arus searah DC . reaksinya adalah :
Katoda : 2Na+ +2e- à2Na(s)
Anoda :2Cl- à Cl2 + 2e-
Akhirnya pada katoda terbentuk logam Na dan pada anoda gas Cl2

Minggu, 12 Oktober 2014

makalah profesionalisme dunia pendidikan


                                                          KATA PENGANTAR


               Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah swt ialah dzat yang Maha Agung kekuasaanya meliputi langit dan bumi serta apa yang ada di dalamnya,serta berkat rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.Salam dan salawat semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabiullah Muhammad SAW yang telah mengeluarkan kita dari alam yang gelap gulita ke alam yang terang benderang,juga kepada keluarga beliau,sahabat dan orang-orang mukmin yang senantiasa memegang teguh ajaran-Nya dalam menjalani hidup ini hingga akhir zaman.

                 Penyusunan makalah ini sebagai salah satu bentuk tugas perkuliahan pada mata kuliah Profesi Keguruan , sekaligus penulis ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Prof. Dr. H. Juhri AM, MPd. selaku dosen kami pada mata kuliah Profesi Keguruan.

                Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan.Oleh karena itu,kritik dan saran dari berbagai pihak yang sifatnya membangun penulis harapkan dengan penuh keterbukaan.

                 Semoga Allah SWT memberi imbalan yang setimpal dan dapat bernilai ibadah di sisi-Nya.Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

         Metro,09 Juni 2014


                  Penulis             
                                                         






Jumat, 12 September 2014

makalah relay pada rangkaian

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karunia-Nya kepada kami sehingga dapat menyelesaikan makalah ini.
Makalah ini disusun sebagai salah satu tugas pada mata kuliah Listrik Magnet.
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan karena terbatasnya kemampuan kami. Namun, kami berharap lmakalah ini dapat bermanfaat untuk manambah pengetahuan mengenai Relay Pada Rangkaian, khususnya bagi kami sendiri dan umumnya bagi yang membaca.
Makalah ini tidak dapat terselesaikan apabila kami tidak mandapatkan bantuan dari semua pihak yang telah membantu kami dalam membuat makalah  ini. Untuk itu, tidak ada kata yang ingin kami ucapkan selain ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan kepada kami.

                                                                                    metro, Juni  2014

                                                                                                  Penulis


Kamis, 11 September 2014

unsur unsur halogen (kimia dasar 2)

UNSUR UNSUR HALOGEN

Chang (2003:251) menyatakan bahwa :
Semua halogen adalah non logam dengan rumus umum x2, dimana x melambangkan unsur halogen , karena kereaktivan yang besar, halogen tidak pernah di temukan dalam bentukunsur bebasnya dalam bentuk unsur bebasnya di alam (golongan terakhir TA adalah astatatin) floir sangat reaktif sehingga unsur ini dapat menyerang air menghasilkan oksigen 2f +H2O -> 4H . reaksi ini adalah salah satu  dari beberapa perubahan yang mungkin terjadi.

Sabtu, 06 September 2014

Kimia dasar 2 (kinetika kimia)

Kinetika kimia

Partana (2003:47) menyatakan bahwa:
 kinetika kimia mempelajari berlangsungnya reaksi kimia dan energi yang berhubungan dengan proses itu serta mekanisme berlangsungnya prose itu serta mekanisme berlangsungnya tersebut. Mekanisme reaksi adalah serangkaian reaksi tahap demi tahap yang terjadi berturut turut selama proses perubahan reaktan menjadi produk .pada suatu reaksi kimia tidak begitu sukar untuk mengetahui zat asal (reaktan) dan zat hasil akhir (produk) namun  terkadang suatu reaksi mempunyai hasil antara yang lama bereaksi dengan cepat bereaksi lagi.katalis adalah zat yang mampu mempengaruhi laju reaksi yang pada akhir reaksi di dapatkan kembali tanpa mengalami perubahan kimia.

Dogra (2001:623) menyatakan bahwa:
Orde reaksi berkaitan dengan pangkat dalam hukum laju reaksi,reaksi yang berlangsung dengan konstan tidak bergantung pada konsentrasi pereaksi disebut reaksi nol. Reaksi orde pertama lebih sering menampakkan konsentrasi tunggal dalam hukum laju. Orde reaksi kedua adalah konsentrasi tunggal berpangkat dua.

Menurut saya :
Kinetika kimia adalah bagian dari ilmukimia yang mempelajari laju dan mekanisme reaksi kimia .laju reaksi yaitu besarnya perubahan konsentrasi reaktan atau produk dalam suhu satuan waktu perubahan laju reaksi setiap unsur di bagi dengan koefisienya dalam persamaan yang seimbang atau stokiometri.


DAFTAR PUSTAKA

Dogra .2001.kimia fisika.jakarta:UI press

Partana ,dkk.2003.common texbook(edisi revisi) kimia dasar 2.yogyakarta:proyek kerja sama       jika,dikti dan FMIPA pada program IMSTEP.

Kamis, 04 September 2014

kimia dasar 2 (perbedaan keasaman larutan)


PERBEDAAN KEASAMAN

sudarmo (1987:134) menyatakan bahwa harga Ph suatu larutan di hitung berdasarkan konsentrasi ion H+ dan ion OH- nya konsentrasi kedua ion ini dalam larutan sangat kecil, sehingga digunakan konsep PH nilai PH di hitung dari [ - log H+ ] dalam larutan . aam yang di wakili dengan rumus umum HA . secara umum merupakan senyawa kimia yang bila di larutkan dalam air akan menghasilkan larutan Dengan PHlebih kecil dari 7 dalam definisi modern asam adalah suatu zat yang dapat memberi proton [ H+ ] kepada zat lain (yang di sebut basa) atau dapat menerima elektron bebas dari suatu basa suatu asam bereaksi dengan suatu basa dalamreaksi penetralan untuk membentuk garam.

Sabtu, 12 Juli 2014

einsten muda

Ketika Einsten Muda Berbicara tentang Tuhan

Ini adalah salah satu tulisan blog yang saya sukai, karena itu saya meletakkannya juga di blog ini, agar dapat saya baca kembali sewaktu-waktu. Entah siapa yang awalnya menulis ini, kepadanya saya ucapkan terima kasih dan mohon ijin untuk memposting ulang. 

Awal cerita berkisah tentang seorang Profesor dari sebuah universitas terkenal menantang mahasiswa-mahasiswa nya dengan pertanyaan ini, "Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada?".
Seorang mahasiswa dengan berani menjawab, "Betul, Dia yang menciptakan semuanya". 
"Tuhan menciptakan semuanya?" Tanya professor sekali lagi. 
"Ya, Pak, semuanya" kata mahasiswa tersebut.  
Profesor itu menjawab, "Jika Tuhan menciptakan segalanya, berarti Tuhan menciptakan Kejahatan. Karena kejahatan itu ada, dan menurut prinsip kita bahwa pekerjaan kita menjelaskan siapa kita, jadi kita bisa berasumsi bahwa Tuhan itu adalah kejahatan". 
"Mahasiswa itu terdiam dan tidak bisa menjawab hipotesis professor tersebut. Profesor itu merasa menang dan menyombongkan diri bahwa sekali lagi dia telah membuktikan kalau Agama itu adalah sebuah mitos. 
Mahasiswa lain mengangkat tangan dan berkata, "Profesor, boleh saya bertanya sesuatu?". "Tentu saja," jawab si Profesor. 
Mahasiswa itu berdiri dan bertanya, "Profesor, apakah dingin itu ada?"  
"Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja dingin itu ada. Kamu tidak pernah sakit flu?" Tanya si professor diiringi tawa mahasiswa lainnya. 
Mahasiswa itu menjawab, 
"Kenyataannya, Pak, dingin itu tidak ada. Menurut hukum fisika, yang kita anggap dingin itu adalah ketiadaan panas. Suhu -460F adalah ketiadaan panas sama sekali. Dan semua partikel menjadi diam dan tidak bisa bereaksi pada suhu tersebut. Kita menciptakan kata dingin untuk mendeskripsikan ketiadaan panas. 
"Mahasiswa itu melanjutkan, "Profesor, apakah gelap itu ada?" 
Profesor itu menjawab, "Tentu saja itu ada. 
"Mahasiswa itu menjawab, "Sekali lagi anda salah, Pak. Gelap itu juga tidak ada. Gelap adalah keadaan dimana tidak ada cahaya. Cahaya bisa kita pelajari, gelap tidak. Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk memecahkan cahaya menjadi beberapa warna dan mempelajari berbagai panjang gelombang setiap warna. Tapi Anda tidak bisa mengukur gelap. Seberapa gelap suatu ruangan diukur dengan berapa intensitas cahaya di ruangan tersebut. Kata gelap dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan cahaya. 
"Akhirnya mahasiswa itu bertanya, "Profesor, apakah kejahatan itu ada? 
"Dengan bimbang professor itu menjawab, "Tentu saja, seperti yang telah kukatakan sebelumnya. Kita melihat setiap hari di Koran dan TV. Banyak perkara kriminal dan kekerasan di antara manusia. Perkara-perkara tersebut adalah manifestasi dari kejahatan. 
"Terhadap pernyataan ini mahasiswa itu menjawab, "Sekali lagi Anda salah, Pak. Kajahatan itu tidak ada. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan. Seperti dingin atau gelap, kajahatan adalah kata yang dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan.Tuhan tidak menciptakan kajahatan. Kajahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih Tuhan dihati manusia. Seperti dingin yang timbul dari ketiadaan panas dan gelap yang timbul dari ketiadaan cahaya. 
"Profesor itu terdiam.  
Dan mahasiswa itu adalah Albert Einstein. 
sebenarnya bukan mahasiswa..,tapi Einstein muda yang pemikirannya sudah melebihi seorang mahasiswa, bahkan Professor sekalipun. Subhanallah..
semoga kita dapat mengambil hikmah dari cerita di atas, mari kita kaji alqur’an lebih mendalam.
Karena sesungguhnya teori yang ada saat ini sudah ada dalam alQuran sebelum teori teori itu di temukan.


Bahasa lampung

 Nama : .............................................................  Kelas  : ,...................  BAHASA LAMPUNG Dialek O Terjemahkanlah...